Pengunjung Terakhir Candi Borobudur di 2019 Raih Apresiasi

 

MAGELANG, KRJOGJA.com – Menjadi pengunjung Candi Borobudur terakhir di Tahun 2019, keluarga Gayeng T-Galih A dari Purwokerto serta keluarga Nipran-Marni dari Tangerang memperoleh apresiasi dari PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCBPRB) setelah memasuki pintu utama (maingate) Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB), Selasa (31/12/2019) sore.

Penyerahan apresiasi dilakukan Direktur Teknik dan Infrastruktur PT TWCBPB Mardijono Nugroho dan GM Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Kepada wartawan, Gayeng mengatakan sangat gembira memperoleh apresiasi, dan tidak menyangka kalau akan mendapatkannya. Semula direncanakan pukul 16.00 tiba di Candi Borobudur, namun mengalami keterlambatan dan memperoleh informasi pukul 17.15 loket tiket masuk sudah tutup. Meskipun demikian ia bersama keluarganya tetap membeli tiket masuk, meskipun hanya sebentar berada di Candi Borobudur. Kalau dirasa masih kurang, Rabu (1/1/2020) bisa berkunjung lagi. "Jadi tidak menyangka kalau mau dapat kejutan di akhir tahun," kata Gayeng.

Dikatakan, mereka baru pertama datang ke Candi Borobudur, termasuk putra-putrinya. Dari Purwokerto, mereka singgah dahulu ke hotel untuk menaruh barang bawaannya, dan cepat-cepat agar dapat segera masuk ke Candi Borobudur.

Nipran juga mengatakan dirinya sama sekali tidak menyangka kalau bersama keluarganya merupakan pengunjung Candi Borobudur yang terakhir di tahun 2019. Ia juga baru pertama sampai ke Borobudur, dan merasa sangat gembira, sangat surprise dan merasa beruntung bisa mendapatkan apresiasi. Mereka bersyukur, karena tidak semua orang bisa mendapatkan apresiasi seperti yang dialaminya. Kalau biasanya pengunjung jalan kaki dari maingate menuju Candi Borobudur, namun mereka justru diantar dengan mengendarai golf car sampai ke tangga menuju ke halaman Candi Borobudur.

Nipran dan keluarga dari Tangerang, dan akan menuju ke Jombang Jawa Timur untuk mengantar putranya ke Pondok Pesantren Tambakberas. Sebelumnya singgah dahulu di Banjarnegara, dan Selasa malam langsung berangkat ke Jombang setelah dari Borobudur.

Didampingi GM Borobudur, Mardijono Nugroho diantaranya mengatakan pemberian apresiasi ini untuk menunjukkan Candi Borobudur merupakan destinasi wisata yang sangat diminati wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara. Tahun mendatang diharapkan Borobudur akan lebih menarik lagi, diantaranya dengan terbukanya area akses ke Borobudur, khususnya dengan dibukanya Bandara Yogyakarta International Airport di Kulon Progo, dan diharapkan kunjungan wisata ke Borobudur dapat lebih besar seperti yang diharapkan Presiden RI Ir Joko Widodo. (Tha)

BERITA REKOMENDASI