Pengurus Cabor Esports Purworejo Dilantik

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pengurus Cabang Olahraga (Cabor) Esports Indonesia (ESI) Kabupaten Purworejo dilantik di Pendopo Bupati Purworejo, Kamis (15/04/2021) sore. Nanang Agus Gutomo, didaulat menjadi ketua cabor baru di bawah naungan KONI Kabupaten Purworejo itu.

Pelantikan dilakukan Wakil Ketua Pengprov Esports Jawa Tengah Doni Isworo. Kegiatan disaksikan Sekda Purworejo Said Romadhon, Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi, beserta jajaran Forkopimda, dan Ketua KONI Kabupaten Purworejo Sumaryanto.

Wakil Ketua Pengprov Esports Jawa Tengah Doni Isworo mengatakan, pelantikan tersebut merupakan tindak lanjut dari upaya memajukan olahraga esports di Kabupaten Purworejo. “Esports harus berkembang jauh lebih baik dan positif di Kabupaten Purworejo,” katanya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, usai pelantikan.

Menurutnya, olahraga esports mendapat sambutan sangat baik dari masyarakat. Dunia olahraga dan KONI pun meresponnya dengan memasukkan esports menjadi salah satu olahraga prestasi yang resmi dipertandingkan.

Terlebih pada masa pandemi, katanya, perkembangan olahraga tersebut semakin pesat seiring adanya pembatasan aktivitas guna mencegah penularan virus. “Hampir tidak ada kontak fisik sehingga minim penularan. Esports juga olahraga yang menyehatkan karena olah pikir, ketangkasan, juga hiburan,” ujarnya.

Menurutnya, seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah telah memiliki pengurus cabor. Namun, belum semuanya bisa dikukuhkan. Kendati demikian, mereka tetap melakukan upaya pengembangan dan sosialisasi esports kepada masyarakat. “Setelah terbentuk, pengurus kabupaten/kota juga diharapkan dapat segera membuat kegiatan untuk melahirkan atlet berkualitas,” ungkapnya.

Pengurus, lanjutnya, harus bekerja keras untuk membuktikan bahwa esport sebagai olahraga yang menarik dan ramah pandemi. “Dunia saat ini telah berubah, teknologi meningkat secara signifikan dan menstimulasi masyarakat. Sebab aplikasi tidak hanya untuk menunjang perekonomian tetapi juga menjadi hiburan atau olahraga,” tuturnya.

Sekda Purworejo Said Romadhon dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Purworejo mendukung penuh lahirnya Esports sebagai Cabor baru yang potensial. Sinergitas pengurus diharapkan mampu memajukan Esports di Purworejo.

Sementara itu, Ketua Pengcab ESI Purworejo Nanang Agus Gutomo mengemukakan, cabor menaungi atlet untuk pemain Mobile Legend, PUBG, dan Free Fire. Adapun standar penjaringan atlet dilakukan dengan ketentuan jam terbang pertandingan atau menunjukkan sertifikat kemenangan perlombaan.

“Purworejo sudah ada sekitar 20 orang atlet dan setelah pengukuhan pengurus ini kami akan akan kerja sama dengan sejumlah komunitas kedai kopi hingga mungkin di kampus-kampus. Edukasi untuk pelajar dilakukan dengan batasan umur, kami juga akan menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga serta dinas terkait lainnya, kami senantiasa berkoordinasi dengan pengurus daerah dan pusat,” tandanya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI