Penipuan Investasi Usaha, Ibu Rumah Tangga Raup Hampir Rp 1 M

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Polres Kebumen mengungkap penipuan dengan modus investasi usaha katering. Total kerugian dari sejumlah korban nyaris Rp 1 miliar. Kepada para korbannya, pelaku menjanjikan keuntungan sebesar 10 persen setiap bulan dari investasi yang ditanam.

Tersangkanya ibu rumah tangga, SP (37), warga Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, yang tinggal di Pejagoan, Kebumen. SP yang kabur ketika tahu dilaporkan ke polisi, ditangkap di tempat persembunyiannya di Ciamis, Jawa Barat.

“Tersangka telah menerima uang hampir Rp 1 miliar dari beberapa korbannya. Ada yang ngasih Rp 25 juta, Rp 60 juta, Rp 140 juta, bahkan ada sampai Rp 700 juta,” terang Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan ketika ungkap kasus tersebut di Mapolres Kebumen, Kamis (18/06/2020).

Dijelaskan, tersangka dilaporkan ke polisi setelah korban merasa ditipu karena keuntungan 10 persen setiap bulan seperti yang dijanjikan, tidak pernah diberikan. Padahal korban sudah menyerahkan uang sebagai investasi sejak Desember 2019. Ketika ditagih janjinya, tersangka selalu berbelit.

Pengakuan tersangka, semua uang digunakan untuk kepentingan sehari-hari. Meski ada juga beberapa korban yang diberi keuntungan 10 persen, namun uang tersebut berasal dari uang korban sendiri. (Suk)

BERITA REKOMENDASI