Penolakan Renovasi Monumen TP di Purworejo Terus Mengalir

Kedua, lanjutnya, Purworejo melahirkan banyak tokoh yang berperan besar bagi bangsa sejak sebelum hingga pasca kemerdekaan, dan sebagian mendapat gelar Pahlawan Nasional. “Renovasi itu dinilai menghianati perjuangan Tentara Pelajar dan tokoh-tokoh asal Purworejo lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, patung tersebut merupakan karya seniman Purworejo yang kebetulan menyandang disabilitas. “Maka penggantian tanpa sepengetahuan seniman, kami anggap mengusik kebangnaan dan solidaritas seniman di Purworejo. Renovasi seharusnya terkonsep jelas serta melibatkan unsur masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, pengurus Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan ’45 Kabupaten Purworejo (DHC ’45) juga membuat surat dukungan terhadap aspirasi KMPP yang ditujukan kepada Bupati Purworejo dan Ketua DPRD Purworejo. Dalam surat yang ditandatangani Ketua DHC ’45 HR Istiharto dan Sekretaris Soekoso DM, lebih fokus menyoroti penggantian sepasang patung Garuda Pancasila dengan patung pelajar pada puncak pilar utama.

BERITA REKOMENDASI