Pentas Kesenian Meriahkan Peluncuran Maskot Pilkada Temanggung

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung meluncurkan jingle dan maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Temanggung Tahun 2018, Sabtu (21/10). Peluncuran maskot berupa gunungan kayon tersebut digelar di halaman setda setempat dan dimeriahkan dengan pementasan dan parade kesenian keliling jalan-jalan protokol di Kota Temanggung.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sudjatmiko mengatakan gunungan kayon oleh dalang dikeluarkan sebagai pertanda pergantian adegan, sedangkan dalam konteks demokrasi sebagai pertanda diadakannya pemilu. Pada gunungan tersebut berisi berbagai potensi di kaupaten tersebut, seperti cengkih, tembakau, padi, ayam cemani, kopi, klengkeng, serta kesenian kuda lumping. "Kami berharap pemilu digelar dengan lancar, damai, aman, tertib, demokratis dan tanpa akses serta dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Dikatakan pawai budaya yang memeriahkan peluncuran maskot tersebut untuk media sosialisasi bahwa pentahapan pilkada sudah mulai dan pencoblosan pada Rabu Pon 27 Juni 2018. Diharapkan masyarakat tahu sedari awal dan turut mengikuti proses pentahapan pilkada. "Kesenian ini dari kecamatan, dengan mengetahui adanya pilkada dapat diinformasikan pada masyarakat lainnya," katanya.

Ketua KPU Provinsi Jateng Joko Purnomo mengatakan pilkada serentak 2018 merupapan tahap yang ke tiga setelah pada 2015 dan 2017. Dijadwalkan pilkada serentak lagi pada 2020 dan pada 2024 digelar satu pemilu untuk memilih Presiden dan wakil presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati/walikota dan Wakil bupati/ wakil walikota, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPR, dan DPD. "Pilkada serentak terbukti lebih hemat anggaran," katanya.

Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno mengatakan mengapresiasi maskot Pilkada 2018. Diharapkan ajang pesta demokrasi berjalan demokratis dan semua pihak dapat mentaati aturan. Apapun keputusan dari hasil pencoblosan dapat diterima oleh pasangan calon yang bertarung. (Osy)

BERITA REKOMENDASI