Penumpang Kereta Api Naik 4 Persen

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Penumpang yang menggunakan jasa kereta api pada Lebaran tahun 2019 naik 4% dibanding tahun sebelumnya. Penjelasan itu disampaikan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro saat melakukan inspeksi medadak (sidak) Posko Angkutan Lebaran di Stasiun Kereta Api (KA) Purwokerto, Senin (10/06/2019).

"Arus balik pasca-Lebaran 2019 penumpang yang menggunakan jasa kereta api masih tinggi," kata Edi Sukmoro saat ditemui.

Ia mengungkapkan dari laporan terakhir yang ia terima data tiket yang sudah terjual 98 persen dan ada kenaikan 4 persen dibanding tahun lalu. "Barangkali perlu saya sampaikan juga bahwa kenaikan prediksi secara menyeluruh itu kurang lebihnya 4 persen. Kalau kereta api itu penumpang tergantung sama bangkunya karena kalau bangkunya enggak ditambah, ya enggak akan bisa nambah penumpangnya,karena sekarang itu 'one man one seat', artinya setiap orang pasti dapat tempat duduk, enggak ada yang berdiri lagi," ungkapnya.

Ia menjelaskan semua pemudik tampaknya tidak seluruhnya kembali pada hari Minggu (09/06/2019) seperti yang diprediksi sebagai puncak arus balik karena hari Senin (10/06/2019) sudah harus bekerja. Sedang keberadaan Posko Angkutan Lebaran 2019 dilaksanakan hingga H+10 Lebaran sehingga masih tersisa enam hari lagi. Untuk ia meminta kepada petugas untuk menjaga kesehatan.

Berkaitan dengan pelaksanaan angkutan Lebaran 2019, Edi mengaku bersyukur karena sejak pelaksanaan  hingga saat ini tidak terjadi accident yang melibatkan kereta api. Meski begitu ia, menyoroti keberadaan perlintasan sebidang yang tergolong kritis terutama saat sibuk seperti sekarang, kendaraan yang melintas di jalan raya pun cukup banyak.

“Sehingga perlintasan sebidang tetap perlu diawasi supaya tidak terjadi sesuatu karena kereta ini jalannya di rel, sehingga kalau di relnya ada barang, ya enggak bisa mengerem,” jelasnya.

Dalam kunjunganya di Stasiun Purwokerto, Dirut PT KAI juga membagikan bingkisan kepada pramu-antar, petugas kebersihan, dan sekuriti yang bertugas di Stasiun Purwokerto. Selain itu, ia juga menyerahkan satu unit mobil ambulans bantuan program corporate social responsibility (CSR) PT KAI  kepada Yayasan Al Ma'wa Cilacap. (Dri)

BERITA REKOMENDASI