Penyandang Disabilitas dapat Layanan Perbaikan Alat Bantu

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG (KRjogja.com) – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2016, Paguyuban Difabel Warsamundung Kabupaten Magelang mengadakan bakti sosial berupa perbaikan gratis alat bantu difabel, Sabtu (03/12/2016). Kegiatan yang bekerjasama dengan UCP Roda Untuk Kemanusiaan (UCPRUK) ini dilaksanakan di Bengkel Las ‘Ngudi Rejeki’ yang ada Desa Wringin Putih Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Bengkel yang berada di tepi jalan antara Borobudur-Tempuran Magelang ini milik salah satu tenaga teknisi ahli dari UCPRUK yang juga anggota Warsamundung, Darmanto. Ketua Panitia, Kasih mengatakan kursi roda dan kruk merupakan alat bantu mobilitas paling penting bagi warga difabel untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Jika alat bantu tersebut rusak, akan menghambat aktivitas sehari-hari mereka.

“Bukan saja akses ekonomi yang terhambat, tetapi juga semua sendi kehidupan, seperti akses pendidikan, budaya dan juga akses sosial dengan warga sekitar,” jelasnya.

Kegiatan bakti sosial memberikan pelayanan perbaikan gratis ini diantaranya untuk mendorong kepada pemerintah maupun semua pihak bahwa kebutuhan alat bantu merupakan kebutuhan terus-menerus atau kebutuhan seumur hidup. Selama ini kebutuhan alat bantu bertopang pada sektor pengadaannya, sedang masalah pemeliharaan atau perawatannya belum terpikirkan.

"Dan yang dirasakan masyarakat pengguna alat bantu ini, di Kabupaten Magelang untuk perbaikan dan pengadaan suku cadangnya sangat kesulitan," kata Kasih.

Selain itu juga untuk mendorong pemerintah agar kegiatan memperingati HDI ini nantinya dapat dijadikan sebagai agenda rutin dari pemerintah daerah bersama organisasi penyandang disabilitas di Kabupaten Magelang. Selain kegiatan perbaikan, juga ada kegiatan pengadaan alat bantu, baik berupa kursi roda maupun kruk.

Dalam kegiatan perbaikan selama 1 hari ini ditarget mampu melayani sekitar 100 pengguna kursi roda 100 pengguna kruk. Selain itu ternyata juga ada pengguna alat bantu lain yang dapat dilayani dalam kegiatan ini, misalnya walker maupun lainnya. (Tha)

BERITA REKOMENDASI