Penyandang Disabilitas Dilatih Produksi APD

Penyandang disabilitas Kecamatan Purwodadi Uji Setiyasih menambahkan, kemampuan memproduksi itu menjadi bekal difabel untuk bisa bertahan secara ekonomi di tengah pandemi. “Harapan kami produksi bisa lancar, bisa memasarkan dan produknya laku, sehingga secara ekonomi bisa tercukupi,” ucapnya.

Project Manager Program Inklusi Pusat Rehabilitasi Yakkum di Purworejo Khusnul Sukarno Putra mengemukakan, face shield dan hand sanitizer merupakan dua produk yang sedang banyak dibutuhkan masyarakat. Produk itu, lanjutnya, diperkirakan mudah terjual ketika ditawarkan kepada masyarakat.

Menurutnya, yayasan fokus memberi pelatihan keterampilan usaha karena melihat para penyandang disabilitas tersebut sangat terdampak pandemi Covid-19. “Maka perlu usaha membangkitkan ekonomi, yang disesuaikan dengan pasar, seperti pelatihan dan disusul produksi APD,” ujarnya.

Khusnul berharap penyandang disabilitas yang telah memperoleh pengetahuan, dapat menularkan kemampuannya kepada sesama difabel di Purworejo. “Mereka harus bisa menularkan ilmunya, lalu mulai berproduksi dan kami siap membantu memasarkan produknya,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI