Penyandang Disabilitas Dilibatkan dalam Penanggulangan Bencana

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung melibatkan penyandang disabilitas untuk penanggulangan kebencanaan di daerah tersebut, sesuai dengan keterampilan dan keahlian.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Dwi Sukarmei mengatakan penanggulangan bencana perlu pelibatan semua pihak termasuk penyandang disabilitas. Mereka tergabung dalam Unit Layanan Inklusi Disabilitas (Lidi).

“Banyak yang dapat dikerjakan oleh penyandang disabilitas. Bahkan ada yang dapat dikerjakan oleh mereka namun tidak bisa dikerjakan oleh yang lain,” kata Dwi Sukarmei, Minggu (1/11/2020).

Dia mengatakan Lidi dikukuhkan beberapa hari lalu bertepatan dengan HUT ke-9 BPBD Kabupaten Temanggung. Sebelum dikukuhkan mereka selama ini telah terlibat aktif dalam penanggulangan bencana.

Melalui keberadaan wadah, kata dia, akan mudah mereka mengorganisasi dan berkoordinasi, juga dengan BPBD dan masyarakat. Anggota Lidi tidak harus terjun ke lapangan dalam penanganan kebencanaan. Mereka dapat di pos BPBD, Posko, tenda pengungsian, atau tempat lain yang dapat dikerjakan.

BERITA REKOMENDASI