Penyandang Disabilitas ‘Perform’ di Artos Mall

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional tahun 2018, yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2018 mendatang, Artos Mall Magelang bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SLB Kota Magelang dan Kabupaten Magelang mengadakan kegiatan pameran dan pentas seni siswa disabilitas Bakorwil Kedu di Atrium Artos Mall Magelang, Rabu (28/11/2018). Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah "Indonesia Inkusi dan Ramah Disabilitas". Ada 10 SLB di wilayah Kedu yang mengikuti kegiatan ini, diantaranya dari Purworejo, Temanggung, Muntilan, Secang dan 1 sekolah lapangan yang ada di Borobudur.

Tanti Zaenal Arifin, istri Bupati Magelang, menilai kegiatan ini sangat luar biasa karena dapat menampilkan berbagai potensi penyandang disabilitas, serta dapat menjadi bentuk motivasi bagi masyarakat di Magelang dan sekitarnya. "Kami akan selalu mendukung bentuk kegiatan yang mampu mendorong dan mengeksplor kreativitas maupun bakat para siswa berkebutuhan khusus," katanya.

Tujuan diadakan kegiatan ini diantaranya untuk memperkenalkan ke masyarakat bahwa anak–anak disabilitas juga membutuhkan ruang yang dapat dipergunakan untuk mengeksplor dan mengekspresikan kemampuan mereka, serta menunjukkan bahwa mereka mampu menghasilkan sebuah karya yang memiliki nilai kepada khalayak umum. 

Ketua Panitia Edy Purwanto diantaranya mengatakan tidak hanya menampilkan perform dari siswa-siswi SLB, tetapi kegiatan ini juga menampilkan hasil karya kreativitas siswa selama kegiatan di sekolah melalui pameran yang ada. Beberapa jenis hasil karya juga ditampilkan, mulai dari membatik, tas anyaman, kerajinan bunga, kerajian keset hingga produk makanan seperti  geblek, ikan wader, dan lanting. (Tha)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI