Peran BPD Semakin Besar dan Strategis

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Peran lembaga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) semakin besar dan strategis. Menyusul dikeluarkannya Undang-undang (UU) tentang Desa yang juga mengatur tentang kedudukan dan kewenangan BPD. 

BPD berkedudukan setara dengan pemerintahan desa sekaligus merupakan mitra kerja pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerinahan desa. "Selain menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, BPD juga memiliki peran melakukan pengawasan kinerja kepala desa (Kades), serta memiliki kewenangan membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama Kades,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo H Genthong Sumharjono Ssos MM di sela-sela kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapisitas BPD se Kabupaten Purworejo di Gedung Wanita Jend Achmad Yani Purworejo, Rabu (3/10).

Kegiatan yang diikuti para ketua dan sekretaris BPD se Kabupaten Purworejo serta perwakilan dari kecamatan ini berlangsung selama empat hari.

Bimtek dilakukan karena di seluruh desa atau 469 desa di Purworejo anggota BPD habis masa jabatannya dan kini sudah dibentuk BPD baru. “Mereka harus memahami tentang tugas dan fungsinya sebagai anggota BPD sehingga dalam menjalankan tugasnya bisa maksimal,” kata Genthong Sumharjono didampingi Kabid Kepasitas Kelembagaan Administrasi dan Sistim Informasi Dinpermades Puguh Prihatmoko SH MH.(Nar)

BERITA REKOMENDASI