Peran IBI Semakin Strategis di Masyarakat

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kehadiran tenaga kesehatan, terutama bidan di tengah masyarakat sangat strategis dalam membantu tingkat kesehatan masyarakat. Bahkan profesi ini sering dirindukan masyarakat dengan harapan agar sarana kesehatan lainnya di desa lebih dioptimalkan pelayanannya.

“Tujuan utamanya menjamin kehidupan yang sehat serta mendorong kesejahteraan hidup untuk seluruh masyarakat segala umur,” kata Kabag Kesra Setda Purworejo Drs Faturahman MM, Senin (23/11/2020).

Dalam Musyawarah Cabang (Muscab) IBI Kabupaten Purworejo di Gedung Graha Siola Pangenrejo Faturahman menjelaskan, dengan kehadiran bidang di tengah masyarakat maka sarana dan prasarana kesehatan akan kembali hidup, terutama Posyandu, Poskesdes dan sarana kesehatan lainnya. “Di desa juga bisa lebih dioptimalkan pelayanannya untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goal’s (SDGs),” jelasnya.

Diakui, Kabupaten Purworejo saat ini masih memiliki pekerjaan berat untuk mengatasi permasalahan di bidang kesehatan. Angka Kematian Bayi (AKB), Angka Kematian Ibu (AKI), penyakit malaria, penderita HIV/AIDS dan penyakit demam berdarah dengue (DBD) masih cukup tinggi. “Saya mengajak semua sektor untuk membantu demi tercapainya target pembangunan kesehatan,” katanya berharap.

Sementara dalam Muscab itu Marjiyah SKM MM terpilih sebagai ketua IBI untuk lima tahun kedepan menggantikan Ernaninigsih SSiT MKes. (Nar)

BERITA REKOMENDASI