Perangkat Desa di Purworejo Dapat Siltap, Nih Besaran Nominalnya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Para perangkat desa (Perdes) di Kabupaten Purworejo bakal menikmati penghasilan tetap (Siltap) yang bersumber dari ABPD. Siltap sebesar sekitar Rp 12 miliar ini akan cair tahun 2020 untuk 5.132 kepala desa (kades) dan perangkat desa (perdes).

“Jumlah penerima tidak sama, sesuai jabatan,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapermades) Purworejo Drs Agus Ary Setiyadi, Senin (22/7/2019).

Dalam critical voic pont (CVP) tentang dana desa yang berlangsung di pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Agus Ary Setiyadi menjelaskan bahwa dari dana sebesar itu, hanya khusus untuk dana perubaan, dan selebihnya sesuai dengan kemampuan daerah. Sedang penerima siltap itu masing-masing desa tidak sama. Namun rata-rata untuk Kades sekitar Rp 2.400.000, Sekdes Rp 2.200.000, dan perdes lainnya Rp 2.000.000. “Kalaupun ada selisih hanya terpaut sedikit, antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000,” jelasnya.

Dengan adanya siltap ini diharap masalah keuangan desa tidak lagi bermasalah. Selain kades dan perdes sudah mendapatkan tunjangan, juga dana desa yang turun ke desa harus dimanfaatkan sesuai peruntukannya. “Penggunaan uang negara itu ada aturannya dan tidak boleh dimanfaatkan untuk kegiatan yang tidak sesuai peruntukannya,” tambah Sekretaris Daerah (Sekda) Purworejo Drs Said Romadhon.

Said Romadhon juga mengaku bahwa pihaknya sering menerima aduan dari desa terutama terkait penggunaan anggaran dana desa. “Kita akan turunkan tim untuk memantau penggunaan anggaran di desa,” tegasnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI