Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Dipecah

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kondisi terciptanya tertib masyarakat dan keamanan agar masyarakat nyaman dalam beraktivitas menjadi prioritas pemerintah daerah dan Kepolisian Resort Temanggung, pada akhir tahun dan tahun baru. Polres telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral kesiapan pengamanan hari Raya Natal 2019 dan tahun Baru 2020, atau Operasi Lilin Candi 2019. Rapat itu antara lain melibatkan kepolisian, kodim 0706 Temanggung, pemda, kejaksaan dan pengadilan negeri.

"Akhir tahun terdapat perayaan Natal, selanjutnya tahun baru. Polres, pemda dan stakeholder memprioritasnya kondusifitas tetap terjaga," kata Kapolres Temanggung AKBP Muhammad Ali, Kamis (12/12/2019).

Polres Temanggung akan menerjunkan segenap sumber daya untuk Operasi Lilin Candi 2019. Seperti ratusan personel polri dari Polres hingga Polsek dengan dukungan peralatan termasuk persenjataan. "Kini telah ada operasi cipta kondisi dengan meningkatkan razia dan patroli ke wilayahan," katanya.

Dikatakan diperlukan keterlibatan semua pihak, termasuk ormas untuk membantu pengamanan di tempat ibadah, pusat perekonomian dan obyek vital guna meminimalisir ancaman-ancaman dan gangguan keamanan. Pada Pemda, dia menyarankan, pada perayaan tahun baru agar membagi kegiatan pada tiap-tiap kecamatan, untuk memecah konsentrasi masssa dan tidak terpusat di satu titik yaitu alun-alun.

Asisten Sekda Temanggung Hary Agung Prabowo mengatakan diperlukan sinergitas dalam menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Pemda Temanggung siap membantu bekerja sama dengan Polri, Kodim dan seluruh elemen masyarakat dalam menciptakan tertib masyarakat dan keamana. "Kami akan upayakan kegiatan Tahun Baru dipecah tiap-tiap kecamatan guna memecah konsesntrasi massa," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI