Percasi Masyarakatkan Olahraga Catur di Area Wisata

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Upaya memasyarakatkan cabang olahraga (Cabor) catur melalui Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Purworejo, kini dilakukan dengan berbagai cara. Termasuk membangun Gubug Catur di Bukit Khayangan Sigendol Desa Giyombong Kecamatan Bruno Purworejo.

Di tengah area destinasi wisata pegunungan ini, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil bermain catur. “Ini sekaligus untuk memasyarakatkan olahraga catur sambil promosi destinasi wisata di Bruno,” kata Ketua Pengcab Percasi Purworejo Achmad Basyhar, Jumat (10/7).

Promosi dilakukan dengan memberikan bantuan perlengkapan catur di Warung Catur Bukit Kayangan Sigendol. Warung Catur berupa bangunan sederhana yang sengaja dibangun di atas Bukit Kayangan ini yang dikelola kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang diketuai Suprih, seorang mantan kepala desa setempat.

Gubug Catur ini menurut Camat Bruno Netra Asmara Sakti, sekaligus menambah sarana prasarana (sarpras) olahraga yang bisa dinikmati para pengunjung. “Di sini pengunjung tidak hanya berwisata menikmati pemandangan alam saja, namun sekaligus bisa bermain atau olahraga catur, sehingga betah berlama-lama di tempat ini,” jelasnya.

Gubug Catur ini ternyata juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Mereka seakan menemukan sensasi baru dengan kabut tipis yang sesekali menyapu tubuh mereka. “Pada suasana seperti ini, sangat cocok untuk menikmati olahraga catur,” tambahnya. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI