Percepat Tangani Covid-19, Dinkes Temanggung Luncurkan Aplikasi Simakin

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung luncurkan aksi perubahan sistem informasi manajemen kinerja (Si-Makin) sebagai percepatan pelayanan kesehatan terutama dalam penanganan Covid-19 di daerah tersebut.

Kepala Dinkes Kabupaten Temangung dr Supardjo mengatakan Si-Makin sangat mendukung percepatan penanganan Covid-19, terutama pada pelaporan dan penyediaan data, yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan. “Pelaporan Puskesmas yang menangani kasus Covid-19 ditingkat bawah masuk di Si-Makin. Sehingga penentu kebijakan dapat segera mengambil keputusan untuk mengatasi permasalahan, ” kata Supardjo, pada peluncuran Si-Makin, di Dinkes setempat, Jumat (13/11).

Dia mengatakan pada penanganan Covid-19, data tidak boleh ada selisih, diterapkannya Si-Makin diharapkan dapat mengeliminir perbedaan data. Sebab selama ini data di lapangan yang dilaporkan oleh puskesmas kadang diingkari sendiri oleh puskesmas padahal Dinkes mendapatnya dari Puskesmas. ” Si-Makin kedepan diusahakan real time, dan terintegrasi dengan Web yang ada di Dinkes sehingga bisa semakin baik dalam pelayanan pada masyarakat,” kata dia.

Dia mengatakan Si-Makin dirancang oleh Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Temanggung, Khabib Mualim. Begitu mendapat paparan yang dirancang langsung dan disetujui. Telah ada 4 puskesmas yang diujicobakan dan kedepan diterapkan pada semua puskesmas.

BERITA REKOMENDASI