Perekaman Data E KTP Dikebut

KEBUMEN (KRjogja.com) – Batas akhir perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e_KTP) yang diinstruksikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) jatuh pada 30 September 2016 mendatang, akan disikapi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukpil) Kebumen dengan lebih mengintensifkan jemput bola. Yaitu, berupa mendatangi langsung rumah-rumah warga bekerjasama dengan perangkatdesa. Juga, kegiatan perekaman data ke desa-desa dan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di Kebumen.

"Sebenarnya perekaman data langsung ke desa-desa oleh petugas kami sudah rutin dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Sedangkan perekaman data di SLTA-SLTA sudah beberapa kali kami lakukan. Namun dengan adanya instruksi Kemendagri itu, intensitasnya akan ditingkatkan," ujar Kabid Kependudukan Disdukpil Kebumen, Dra Ulfah Muswardhani, di Kebumen, Minggu (28/08/2016).

Selain dilakukan di kantor Disdukpil Kebumen, saat ini perekaman data untuk keperluan e-KTP  di Kebumen juga dilakukan di 26 kantor kecamatan se Kebumen dan rombongan petugas yang berkeliling dari satu desa ke desa lainnya. Tentang kendala teknis berupa tak stabilnya sinyal internet di sejumlah desa, kini mulai teratasi.

"Setiap perekaman data di desa-desa kami berusaha menyediakan sejumlah modem yang berisi pulsa dari provider pelayanan jasa telekomunikasi  yang berbeda-beda. Bila di suatu desa sinyal yang kuat adalah sinyal provider A, maka modem berpulsa provider A tersebut yang kami gunakan," jelas Ulfah. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI