Perguruan Silat Mulai Gelar Latihan di Alam Terbuka

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pasca kondisi gawat darurat covid-19 dan memasuki era new habit, kini perguruan silat di Kabupaten Purworejo mulai menggelar pelatihan di alam terbuka. Mereka memanfaatkan lembah hutan pinus untuk menggelar latihan perdana pasca darurat covid-19.

“Selama sekitar tiga bulan kita hanya berlatih secara terbatas di ruang tertutup. Tidak berani berlatih di luar dengan anggota banyak,” kata Ketua Perguruan Silat Manunggal Ati Suci (PS MAS) Purworejo H Muslimin, Rabu (17/6).

Dengan berlatih di ruang tertutup lanjut Muslimin, kegiatan pelatihan kurang maksimal. Apalagi cabang olahraga ini juga membutuhkan tantangan tersendiri. Terutama tantangan alam.

Dengan mengambil lokasi di Perbukitan Munggang Mbiting wilayah Kecamatan Bener, di bawah tegakan hutan pinus, para jawara seperti mendapat angin segar untuk berlatih kembali secara maksimal. “Di sini keakraban antara anggota juga semakin terjalin, setelah sekitar tiga bulan tidak saling ketemu. Kegiatan ini juga diikuti para jawara yang sudah mengukir prestasi,” tandasnya.

Hanya saja untuk melatih anak-anak sekolah belum bisa dilakukan, mengingat para pejalar masih diliburkan. “Kalau tidak libur kami mengatur jadwal agar tidak berbenturan,” jelasnya.

Ketua KONI Purworejo bidang Organisasi dan Pembinaan Drs MGS Sukusyanto MM berharap, setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo mencabut masa tanggap darurat covid-19, para pelaku olahraga di Purworejo untuk kembali menggelar kegiatan, sepanjang tidak menyalahi protokoler covid-19. (Nar)

BERITA REKOMENDASI