Peringatan Tri Suci Waisak Diwarnai Vaksinasi Booster hingga Penanaman Pohon di Sungai Progo

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Peringatan Tri Suci Waisak yang diadakan selama 2 hari, 14 dan 15 Mei 2022 di kawasan Candi Pawon, kecamatan Borobudur, Magelang berlangsung dengan penuh rasa syukur. Berbagai kegiatan sosial budayabdilakukan upacara pelepasan ikan dan burung bersama dengan masyarakat, serta melangsungkan kegiatan pelestarian alam berupa penanaman pohon dan pembersihan lingkungan di sekitar sungai Progo.

MECCAYA Group mendukung penyelenggaraan kegiatan-kegiatan sosial, budaya dan keagamaan tersebut. Berbagai hal positif dilakukan seperti vaksinasi booster keliling dan bakti sosial bagi masyarakat sekitar kawasan Candi, serta Festival Merti Bumi Karuna, di mana umat Buddha melakukan upacara pelepasan ikan dan burung bersama dengan masyarakat, serta melangsungkan kegiatan pelestarian alam berupa penanaman pohon dan pembersihan lingkungan di sekitar sungai Progo.

Jeffrey Yunus, ketua panita penyelenggara, mengatakan pada 15 Mei 2022 kemarin telah diselenggarakan 1st Annual Borobudur International World Peace & Prosperity Event sebagai puncak acara. Festival internasional ini diawali dengan doa lintas agama, yang dilanjutkan dengan sambutan dari berbagai tokoh Indonesia maupun mancanegara, antara lain Kepala staf Presiden, Moeldoko, Dalai Lama dan aktor Hollywood dan Steven Seagal yang turut memberikan sambutan melalui video.

“Acara ini diadakan dengan harapan agar Candi Pawon dapat menjadi simbol pengingat pentingnya perdamaian dunia, serta upaya bersama untuk memulihkan UMKM setempat agar dapat segera bangkit paska Pandemi Covid-19. Dilaksanakan pula pertunjukan seni budaya nusantara sebagai wujud nyata Bhinneka Tunggal Ika, serta peresmian dua prasasti sebagai simbol perdamaian dan kesejahteraan dunia,” ungkapnya melalui rilis tertulis, Senin (16/05/2022).

Ricky Surya Prakasa, president director MECCAYA Group, menambahkan pihaknya turut melibatkan berbagai elemen dalam mewujudkan kegiatan tersebut terutama masyarakat sekitar.

“Selain berkolaborasi dengan pemda dan berbagai mitra organisasi, kami juga menggandeng UMKM lokal untuk dapat berkontribusi, antara lain melalui penataan dan dekorasi area festival, pementasan tari dan pertunjukan seni oleh sanggar budaya setempat, serta pemberdayaan kerajinan setempat sebagai cenderamata untuk para tamu kehormatan,” lanjutnya.

Ricky berharap dengan diselenggarakannya 1st Annual Borobudur International World Peace & Prosperity Event di Candi Pawon dan kawasan Borobudur dapat membantu promosi sekaligus pengenalan lebih dekat lokasi tersebut sebagai destinasi wisata super prioritas, serta wisata religi bagi umat Buddha di seluruh dunia.

“Melalui ragam kegiatan sosial, budaya dan keagamaan ini, MECCAYA Group berharap dapat mengangkat kembali berbagai tradisi menarik terkait perayaan Trisuci Waisak, serta membangun antusiasme wisatawan lokal dan mancanegara untuk turut berpartisipasi dan merayakan festival ini setiap tahun,” pungkas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI