Peringati Hari Lahir Pancasila, Warga Gelar Upacara Bendera

PURWOREJO,KRJOGJA.com – Warga Desa Soko Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo menggelar upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila, di halaman kantor desa setempat, Kamis (1/6). Upacara melibatkan unsur pemerintah desa, pemuda, ibu PKK dan sejumlah tokoh.

Kepala Desa Soko Ruswandi mengatakan, upacara diselenggarakan untuk mengingatkan masyarakat tentang kondisi bangsa. "Kami prihatin nasionalisme generasi muda Indonesia mulai luntur," katanya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Menurutnya, seluruh elemen masyarakat harus menumbuhkan kembali rasa nasionalisme. Perjuangan pahlawan memerdekakan Indonesia akan sia-sia apabila masyarakat yang hidup saat ini tidak mencintai bangsanya.

Salah satu cara membangkitkan nasionalisme, katanya, adalah dengan menerapkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. "Amalkan sila Pancasila dalam kehidupan sehari- hari," ujarnya.

Ruswandi menambahkan, tantangan bangsa ke depan semakin berat. Tidak hanya tantang dari luar, Indonesia juga menghadapi tantangan internal, antara lain ancaman disintegrasi bangsa dan toleransi.

Masyarakat Soko, katanya, juga harus menjaga kerukunan dan kesetiakawanan sosial. "Masyarakat yang rukun, penuh toleransi dan setia kawan, akan memudahkan tercapainya cita-cita pembangunan," tegasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI