Peringati Hari Tanpa Tembakau, MTCC Unimma Gelar Beberapa Kegiatan

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJogja.com – Beberapa kegiatan dilaksanakan Muhammadiyah Tobacco Control Centre (MTCC) Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) Tahun 2021. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan berupa membagikan masker dan hand sanitizer serta stiker tentang “Berani Berhenti Merokok” kepada masyarakat di beberapa titik di Kota dan Kabupaten Magelang, Senin (31/5)/2021).

Ketua MTCC Unimma Dra Retno Rusdjiati MKes kepada KRJogja.com di sela-sela kegiatan kegiatan lain yang juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HTTS 2021 ini berupa pembuatan video suara anak petani tembakau, yang diminta dukungan agar nantinya tidak menjadi perokok, meskipun mereka merupakan anak petani tembakau. Juga akan dilaksanakan talkshow dengan narasumber beberapa pemuda yang sukes tanpa rokok, termasuk dengan Walikota Magelang untuk mendukung gerakan pemuda tanpa rokok dan tembakau. Kegiatan turun ke jalan untuk mengkampanyekan program dari WHO, “Quit To Smoking”.

MTCC Unimma menyatakan bahwa upaya menekan jumlah perokok anak atau generasi muda harus menjadi agenda bersama, baik pemerintah dan masyarakat secara komprehensif. Karena itu, semua program kerja kementerian harusnya sinkron dengan upaya penurunan jumlah perokok anak.

“Jadi, bukan hanya melakukan edukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat saja, namun juga diperlukan peraturan yang kuat dan penegakan hukum yang tegas,” katanya.

Komitmen lain dari MTCC Unimma adalah terus mendorong kepala daerah untuk menetapkan dan menegakkan regulasi Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR). Apalagi di masa pandemi Covid 19 ini, perda menjadi kampanye kepada masyarakat , akan bahaya asap rokok dan akibat buruknya pada penurunan ketahanan tubuh dalam antisipasi virus.

BERITA REKOMENDASI