Perjalanan KA di Kebumen Mengalami Keterlambatan

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – PT KAI Daop V Purwokerto minta maaf kepada penumpang kereta api lantaran adanya keterlambatan perjalanan sejumlah kereta api (KA) Selasa (22/04/2018). Sejumlah KA yang mengelami keterlambatan yakni rute perjalanan dari arah Yogya – Jakarta dan Purwokerto – Surabaya.

"Kami atas nama PT KAI Daop 5, menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan ini dan akan tetap memberikan pelayanan terbaik," kata Manager Humas PT KAI Daops V Purwolerto, Ixfan Hendriwintoko.

Menurutnya keterlambatan perjalanan sejumlah KA akibat plat andas atau tumpuan antara badan jembatan dengan ujung beton di jembatan kilometer 449+8/9 antara Soka-Kebumen  miring. Diduga miringnya miringnya  plat ini akibat dampak dari adanya galian pekerjaan jalur ganda didekat jalur existing.

Ixfan Hendriwintoko menjelaskan, kejadian itu terungkap berawal adanya laporan pengawas Satuan Kerja (Satker) Wika kepada petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Kebumen sekitar pukul 00.38 WIB dini hari tadi. Diketahui plat andas di lokasi jembatan KA tersebut miring. "Laporan itu segera diteruskan oleh PPKA Kebumen kepada petugas Pusat Pengendali Operasi KA," katanya.

Selanjutnya  petugas Pusat Pengendali Operasi KA (Pusdalopka) dengan menghubungi kepala Resort Jalan Rel Kebumen. Selanjutnya tim Resort Jalan Rel langsung meluncur ke lokasi dan mengamankan jalur agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selama pengerjaan perbaikan jalur dipasang Semboyan 3 yang berarti tidak boleh dilalui KA dan selesai pada pukul 04.40 WIB dengan kecepatan sementara pada lokasi dibatasi 5 km/jam. Akibat kejadian tersebut menyebabkan perjalanan sejumlah KA dari arah Purwokerto-Surabaya atau sebaliknya mengalami kelambatan.

Sejumlah KA yang mengalami kelambatan, yakni KA Kahuripan, berhenti di Stasiun Soka, KA Sawunggalih berhenti di Stasiun Sruweng, KA Lodaya berhenti di Stasiun Karanganyar, KA Senja Utama Yogya berhenti di Stasiun Karanganyar, KA Turangga  berhentin di Stasiun Gombong.

Kemudian KA Argolawu berhenti di Stasiun Gombong, KA Malabar berhenti di Stasiun Kebumen, KA Mutiara Selatan berhenti di Stasiun Wonosari, KA Kutojaya Selatan berhenti di Stasiun Tambak, KA Bogowonto berhenti di Stasiun Sumpiuh, KA Senja Utama Solo berhenti di Stasiun Kemranjen, dan KA Progo berhenti di Stadiun Kroya.

“Untuk KA yang mengalami kelambatan lebih dari 3 jam, pihak PT KAI Daops V akan memberikan service recovery sesuai dengan peraturan yang berlaku,” jelasnya. (Dri)

BERITA REKOMENDASI