Perkkanas Gelar Kontes Kambing Kaligesing

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Masyarakat selama ini lebih mengenal kambing peranakan ettawa (PE) sebagai kambing PE ras Kaligesing. Padahal sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian RI yang diterbitkan tahun 2010, disebut sebagai kambing Kaligesing.

 

“Selama ini belum banyak masyarakat yang paham dengan sebutan itu,” kata Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Peternak Kambing Kaligesing Nasional (Perkkanas) Toto Sugiarto, Jumat (22/7).

Untuk memasyarakatkan kambing Kaligesing ini, DPP Perkkanas akan menggelar kontes kambing Kaligesing tingkat lokal Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dijadwalkan berlangsung, Minggu (24/7) di lapangan Kecamatan Kaligesing.

Menurut Toto Sugiarto, kontes lokal kambing Kaligesing ini menjadi momentum kebangkitan masyarakat, khusnya Kaligesing dan Purworejo pada umumnya dalam melestarikan dan mengembangkan kambing Kaligesing sebagai kegiatan peternakan yang menghasilkan.

“Ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan pelantikan pengurus harian DPD Perkkanas Purworejo, serta mengenalkan organisasi Perkkanas kepada masyarakat Kaligesing sebagai sumber wilayah pembibitan kambing Kaligesing,” jelasnya.

Kontes lokal ini rencananya akan dikembangkan menjadi kontes yang lebih tinggi levelnya, maka kontes kali ini untuk memberikan ruang lebih kepada masyarakat Purworejo.

“Kontes ini sengaja kami gelar di Kaligesing karena kambing ini memang berasal dari Kaligesing. Kontes digelar untuk tingkat kabupaten,” tandasnya.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI