Perlu Gebrakan, Penyandang Masalah Sosial Masih Kesulitan Akses Kesehatan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kendatipun banyak program kesehatan yang telah digulirkan, baik BPJS kesehatan, jaminan kesehatan sosial daerah (Jamkesda) dan lainnya, namun di Kabupaten Purworejo masih banyak penyandang masalah sosial yang kesulitan mengakses kesehtan. Ini biasanya karena status kependudukan yang tidak jelas, bahkan diantaranya terlantar dari keluarganya.

“Ini yang sering menjadi kendala, ketika akan kita tangani persyaratan kependudukan sering menjadi kendala,” kata Assisten Sekda Purworejo bidang Kesra Drs H Muh Wuryanto MM pada forum perangkat daerah Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo, Kamis (22/2/2018) sore di Kantor Dinkes setempat.

Berbagai penyandang masalah sosial ini lanjut Muh Wuryanto yang juga  Plt Kepala Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Purworejo ini, sangat kompleks, termasuk penyandang gangguan mental. “Penyandang gangguan mental ini ketika kita rawat di RSJ, dan sudah sembuh ternyata dipulangkan tidak tahu keluarganya,” keluh Muh Wuryanto.

Begitupun warga lainnya yang tidak  mampu secara eknomi, ketika sakit ternyata juga kesulitan administrasi sehingga sulit mendapatkan bantuan, apalagi BPJS.

Sementara itu Kepala Dinkes Purworejo dr Kuswantoro MKes berharap agar seluruh warga masyarakat bisa mengakses kesehatan dan sadar hidup sehat, bisa mendapat pelayuanan kesehatan secara kualitas. “Pemerintah akan berupaya terus untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk warga miskin yang tidak memiliki jaminan kesehatan,” katanya seraya meyakini bahwa gelandangan dan pengemis akan terus ada. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI