Permintaan Gas Melon Tidak Terpengaruh Corona

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Meski telah banyak warga yang menerapkan bekerja di rumah, di tengah wabah virus corona (COVID-19), namun rupanya belum berdampak pada peningkatan permintaan bahan bakar elpiji ukuran 3 kilogram di Kabupaten Temanggung.

“Belum ada keluhan dari agen maupun pangkalan untuk menambah kuota elpiji bersubsidi. Kebutuhan masih normal,” kata Kabag Perekonomian Pemkab Temanggung M. Romadhon, Jumat (3/4).

Dia mengatakan kebutuhan gas masih normal dan mencukupi mungkin karena ada peningkatan permintaan dari rumah tangga sementara permintaan dari pedagang kaki lima berkurang.

Disampaikan menjadi hal biasa jika mendekati bulan puasa sering minta tambahan fakultatif bahan bakar bersubsidi ini, terutama terkait tradisi nyadran banyak masyarakat menggunakan bahan bakar untuk memasak.

“Namun, sekarang ini tidak ada yang melaksanakan tradisi nyadran, karena memang sudah ada larangan untuk berkumpul dengan jumlah orang yang banyak. Biasanya untuk tahun-tahun sebelumnya ada penambahan terkait nyadran itu,” katanya.

Dikatakan pasokan elpiji ke desa-desa tetap lancar meskipun jalur agak terganggu karena sejumlah desa menerapkan satu jalur masuk, tetapi hal ini tidak merupakan hambatan.

Dikemukakan kuota elpiji 3 kilogram di kabupaten tersebut rata-rata 21.700 tabung per hari atau 7.813.000 tabung setahun yang dikelola oleh 8 agen dan 620 pangkalan.

Mengenai persiapan kebutuhan elpiji pada bulan Ramadhan dan Lebaran 2020, pihaknya masih menunggu kondisi di lapangan. Jika memang perlu penambahan akan ditambah, apalagi saat ini ada imbauan tidak melakukan mudik.

Pemilik Pangkalan Gas Elpiji, Dewi mengatakan sebagian konsumen meminta penjualan diantar sampai rumah, namun yang jadi kendala kini jalan gang atau kampung banyak yang ditutup oleh warga. “Permintaan gas elpiji bersubsidi dari warga cukup meningkat, tapi yang dari warung sedikit turun, ” katanya, sembari mengatakan pasokan elpiji lancar dan dalam satu hari menjual rata-rata 150 tabung.(Osy)

BERITA REKOMENDASI