Permintaan Hewan Kurban di Temanggung Turun

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Sepekan menjelang Idul Adha, permintaan hewan kurban  di Kabupaten Temanggung masih sepi. Dibanding tahun lalu pada periode yang sama  justru mengalami penurunan, pedagang berharap mendekati hari H permintaan akan meningkat.

Seorang pedagang kambing warga Klepu, Kecamatan Kranggan, Muhammad Tofa Selasa (6/9)  mengemukakan permintaan  kambing atau domba untuk kurban dari masyarakat Temanggung tidak seramai tahun lalu. Sedangkan permintaan dari masyarakat luar daerah justru meningkat. Menurutnya kondisi pertembakauan di Temanggung yang sedang lesu karena cuaca kurang mendukung menjadi faktor utama terhadap lesunya permintaan hewan kurban.

"Biasanya 10 hari menjelang Idul Adha permintaan kambing dari masyarakat sudah ramai, tapi sampai saat ini  masih sepi. Pedagang luar yang banyak memborong karena besarnya permintaan," katanya.

Dikemukakan pedagang luar yang banyak berburu kambing kurban adalah dari Yogyakarta, Semarang dan Jakarta. Meski begitu jumlahnya juga tidak sebanyak seperti tahun lalu.
 
Dia  menyampaikan harga kambing tahun ini juga tidak sebagus tahun lalu, kambing ukuran sedang dengan berat sekitar 35 kilogram tahun lalu mencapai Rp 2 juta per ekor, saat ini hanya sekitar Rp1,7 juta per ekor. " Harga kambing juga turun, tetapi tetap saja permintaan belum banyak," katanya.

Sepinya permintaan hewan kurban tahun ini juga dirasakan oleh pedagang sapi di Pasar Hewan Kranggan. Seorang pedaganag Sofyan  mengatakan hingga saat ini baru ada satu, dua orang yang memesan sapi untuk kurban. Padahal biasanya seminggu menjelang Idul Adha sudah puluhan ekor sapi sudah terbeli yang nanti dikirim  pada hari H Idul Adha.

Dia berpendapat lesunya pertembakauan berdampak pada sektor lain. Sebab itu jika tembakau bagus  sektor lain pun, tidak terkecuali penjualan hewan kurban juga bagus." Saat ini hasil panen kurang baik karena banyak curah hujan maka permintaan hewan kurban juga relatif sepi," katanya seraya berharap menjelang Idul Adha ada peningkatan permintaan hewan kurban. (Osy)

BERITA REKOMENDASI