Permohonan Slamet Riyanto Dikabulkan Sebagian

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Majelis sidang musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada Kabupaten Purworejo 2020 memutuskan mengabulkan sebagian permohonan yang diajukan bakal pasangan calon (bapaslon) perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, Slamet Riyanto dan Suyanto HS. Majelis memerintahkan kepada termohon KPU Kabupaten Purworejo agar memberi kesempatan kepada bapaslon perseorangan untuk meneruskan proses penyesuaian dokumen syarat dukungan.

Majelis yang dipimpin Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq SH STh I MKn juga membatalkan berita acara KPU Kabupaten Purworejo Nomor 8/PL.02 2-BA/3306/Kab/II/2020 tanggal 26 Februari 2020 tentang Hasil Pengecekan Pemenuhan Jumlah Dukungan dan Sebaran Dukungan pada Pilbup/Cawabup Purworejo 2020. KPU juga diperintahkan untuk melakukan pengecekan dan penghitungan hasil penyesuaian dokumen syarat dukungan tersebut.

“Memerintahkan kepada KPU Purworejo untuk melaksanakan putusan ini paling lambat tiga hari kerja sejak dibacakannya putusan, serta menolak permohonan pemohon untuk selebihnya,” kata Nur Kholiq saat membacakan amar putusan dalam sidang di Bawaslu Purworejo, Jumat (13/03/2020).

Ditemui usai persidangan, Nur Kholiq menjelaskan proses tersebut berlangsung selama sebelas hari. Ada enam persidangan yang dilaksanakan hingga berakhir pada putusan pada Jumat (13/03/2020). “Proses sengketa sudah selesai dan untuk putusan sifatnya mengikat,” ujarnya.

Penasehat hukum pemohon Yunus SH mengatakan, putusan tersebut telah menjawab rasa keadilan bakal paslon Slamet Riyanto dan Suyanto. Secara substansi, lanjutnya, bapaslon punya hak secara administratif mencalonkan diri sebagai calon bupati.

BERITA REKOMENDASI