Perpusdes ‘Pustaka Sakti’ Dikelola Profesional

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Perpustakaan Desa (Perpusdes) ‘Pustaka Sakti’ Desa Gemeksekti, Kecamatan/Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah tidak hanya menyediakan buku bacaan bagi masyarakat. Perpusdes di Kampung Batik tersebut juga mendorong generasi muda mencintai batik sebagai warisan dunia dengan menyediakan tempat belajar membatik.

“Di Perpusdes ‘Pustaka Sakti’, anak-anak atau masyarakat umum bisa belajar membatik bersama perajin batik Desa Gemeksekti. Dengan begitu, batik sebagai warisan dunia akan terus lestari,” ujar Kepala Desa Gemeksekti, Suramin, Sabtu (11/04/2020).

Perpusdes ‘Pustaka Sakti’ yang satu kompleks dengan Balai Desa Gemeksekti, dirintis dari pondok baca yang memanfaatkan ruangan kecil di balai desa. Tahun 2018, pemerintah desa setempat kemudian membangun ruangan yang cukup representatif untuk perpustakaan, serta menyediakan anggaran operasional termasuk untuk 3 pustakawan.

“Perpusdes ‘Pustaka Sakti’ setiap hari buka untuk umum sejak jam 8 pagi hingga jam 3 siang. Sampai sekarang jumlah anggotanya sudah lebih dari 500 orang. Untuk tingkat kunjungan, rata-rata lebih dari 100 orang dalam seminggu,” terang Kepala Perpusdes ‘Pustaka Sakti’, Bibit Dwi Lestari, yang menyandang gelar Sarjana Ilmu Perpustakaan.

BERITA REKOMENDASI