Persiapan Dikebut, Kebumen Bakal Bangun RS Darurat Penanganan Covid-19

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen membuat rumah sakit darurat penanganan Covid-19 dengan memanfaatkan gedung di Unit Pengobatan Penyakit Paru (UP3) Kebumen. Targetnya rumah sakit darurat tersebut sudah bisa beroperasi sebelum Ramadhan.

“Sangat memungkinkan beroperasi sebelum Ramadhan karena semuanya sudah ada, hanya perapihan dan penambahan fasilitas saja,” ujar Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, saat meninjau persiapan membuat rumah sakit darurat di UP3 yang ada di Jalan Gelatik, Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Senin (06/04/2020).

Dalam kesempatan ini, bupati mengimbau masyarakat selalu mengenakan masker saat ke luar rumah, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Rumah sakit darurat dibuat untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pasien dalam pengawasan (PDP). Terlebih lagi menurut Yazid, Puskesmas sering tidak bisa mengirim pasien ke RSDS Kebumen karena sudah penuh sehingga bisa sebagai transit sebelum dirawat intensif di RSD Kebumen yang sudah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan lini dua.

BERITA REKOMENDASI