Persiapan Dikebut, Kebumen Bakal Bangun RS Darurat Penanganan Covid-19

Keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, HA Dwi Budi Satrio, rumah sakit darurat dilengkapi peralatan portable, serta didukung tim dokter ahli dan relawan terlatih. Rumah sakit darurat juga sebagai tempat karantina bagi orang dalam pemantauan (ODP) yang tidak bersedia melakukan karantina mandiri di rumah.

Hingga Senin (06/04/2020), di Kabupaten Kebumen secara kumulatif tercatat 1.789 ODP, 372 di antaranya sudah selesai pemantauan. Sedangkan PDP, tercatat 54 pasien, 30 di antaranya masih dalam pengawasan, 11 selesai pengawasan, dan 13 dinyatakan negatif. “Banyaknya jumlah ODP menunjukkan besarnya perhatian Pemkab Kebumen dalam penanganan Covid-19,” tegas Budi Satrio.

Selain rumah sakit darurat, Pemkab Kebumen juga memanfaatkan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) UMKM Kebumen sebagai tempat karantina bagi tenaga medis yang bertugas menangani pasien Covid-19. Di gedung PLUT yang lokasinya bersebelahan dengan UP3, tersedia 10 kamar dan 2 kamar VIP, masing-masing terdapat 2 tempat tidur. (Suk)

BERITA REKOMENDASI