Personel Terbatas, Satpol PP dan Damkar Purworejo Maksimalkan Tugas

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Keterbatasan personil pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Purworejo tidak membuat satuan ini kendor semangat. Padahal tugas mereka sangat padat. Termasuk tugas sosial dalam membantu ketertiban masyarakat. Terlebih di Purworejo tingkat kebakaran cukup tinggi, terutama kebakaran rumah penduduk.

“Dalam satu bulan rata-rata terjadi antara tiga hingga tujuh kali kebakaran,” kata Kepala Satpol PP dan Damkar Purworejo Budi Wibowo SSos MM, Rabu (11/4/2018).

Kebakaran yang sering menimpa rumah penduduk itu menurut Budi Wibowo mayoritas disebabkan karena kecerobohan. Diantaranya lupa mematikan kompor, menyalakan lilin dekat dengan tempat yang mudah terbakar, hingga penyambungan instalasi listrik yang tidak sesuai standar. “Karena kecerobohan dan keteledoran itu, seringkali menyebabkan kebakaran,” jelasnya.

Menghadapi situasi ini lanjut Budi Wiwowo, Satuan Damkar selalu siaga setiap saat. Dengan tiga unit kendaraan pemadam yang selalu penuh air, dan beberapa hari sekali dioperasionalkan agar tidak bermasalah saat menghadapi bencana kebakaran.

Disisi lain tugas Satpol PP dalam menjaga ketertiban masyarakat juga cukup padat. “Sekarang kami sedang membac up penataan pedagang untuk menempati Pasar Baledono yang baru dibangun,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI