Perwakilan 14 Negara Kunjungi ‘Mutiara Organik’

MAGELANG, KRJOGJA.com –  Kelompok tani ‘Mutiara Organik’ di Dusun Kenteng, Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, dikunjungi perwakilan 14 negara, Jumat (29/09/2017). Mereka adalah peserta Program Workshop on Food Crops, yang diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan Asian Food and Agriculture Cooperative (AFACI), Rabu-Jumat (27-29/09/2017) di Yogyakarta dan sekitarnya.

"Tujuan workshop tersebut adalah untuk mengevaluasi perkembangan kegiatan proyek, sharing hasil penelitian di masing-masing negara, serta membahas rencana kegiatan proyek kedepan. Jumlah peserta ada 50 orang dari 14 negara, yaitu Bangladesh, Bhutan, Cambodia, Indonesia, Kyrgyz, Lao PDR, Mongolia, Myanmar, Nepal, Philipimes, Srilngka, Thailand, Vietnam dan Korea,” kata Prof Agus Hermawan Msi, dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah.

Selama pelaksanaan workshop tersebut, kata Agus, juga dilakukan kunjungan lapangan untuk melihat kegiatan Bioindustri Sapi dan Sayuran di Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, serta melihat produksi benih kentang di Dusun Bandungan Wetan, Desa dan Kecamatan Ngablak.

Menurutnya, AFACI didirikan pada 2009 dan disponsori oleh Pemerintah Korea Selatan melalui Rural Development Administration (RDA). Ttujuannya untuk mempromosikan pertanian berkelanjutan di kawasan Asia. (Bag)

BERITA REKOMENDASI