Peserta ICABY Ikuti Kirab Waisak

MAGELANG, KRJOGJA.com – Usai melakukan kegiatan konferensi di Yogyakarta, peserta 'International Conference on ASEAN Buddhist Youth (ICABY)' mengikuti puncak peringatan Hari Trisuci Waisak 2562 BE/2018 di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (29/05/2018). 

Para peserta ICABY yang digelar Kemenpora, bahkan mengikuti Kirab Persembahan atau berjalan kaki  dari Candi Mendut ke Candi Borobudur sebagai bagian ritual dalam peringatan hari besar umat Budha tersebut.

Menpora Imam Nahrawi didampingi Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah menyapa dan melepas mereka untuk mengikuti kirab persembahan itu dari Kawasan Cagar Budaya Candi Mendut. Peserta ICABY ini rela berjalan kaki menempuh perjalanan sekitar 3 kilometer dari Candi Mendut bersama para biksu dan ribuan umat budha dari berbagai sangha.

Kirab yang diikuti Peserta ICABY ini menunjukan kebersamaan dan menebar perdamaian serta kedamaian dalam peringatan Trisuci Waisak 2018. ICABY dengan tema 'Fostering World Peace Among Religious Community' dan digelar 27-30 Mei 2018, diikuti delegasi perwakilan pemuda budha dari 34 provinsi, 10 pemuda Buddha ASEAN, 18 pemuda obersever lintas agama dari 13 negara, dan 10 pemuda lintas agama dari Yogyakarta.

"Pesan saya kepada seluruh umat Buddha dan khususnya delegasi konferensi pemuda Buddha, anda sebagai generasi penerus bangsa, jadilah agen perubahan dengan cinta kasih sayang antar umat beragama, tebarkan kebajikan, mari kita mulai dari diri sendiri dan kedepan," ujar Menpora.

Menpora Imam Nahrawi juga meminta doa umat Buddha agar Indonesia bisa meraih kesuksesan di Asian Games dan Asian Para Games 2018 dan menjadi momentum menjalin persatuan bangsa-bangsa Asia melalui olahraga.  

"Pada kesempatan Tri Suci Waisak ini kami minta doa dari seluruh umat Buddha agar Asian Games dan Asian Para Games dapat berjalan sukses. Doakan para atlet Indonesia yang nanti berjuang mendapatkan prestasi terbaik," pinta Menpora. (*)

BERITA REKOMENDASI