Petani Bawang Putih Temanggung Merana, Ini Sebabnya

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Petani bawang putih merana. Harapan bawang putih menjadi emas putih musnah setelah harganya hanya berkisar Rp 11 ribu per kilogram, jauh dari harga tahun lalu yang mencapai Rp 20 ribu per kg. Kenyataan itu, dibarengi pembukaan kran impor bawang putih oleh pemerintah.

Petani bawang putih di lereng Gunung Sumbing di Desa Petarangan Kecamatan Kledung, Lasidi (40) mengatakan harga bawang putih di tingkat petani bisa dibilang hancur. Dengan harga Rp 11 ribu per kg petani jelas merugi. Banyak beban yang harus ditanggung petani dalam budidaya bawang putih.

“Petani merugi. Harga jual bawang putih tidak menutup untuk ongkos produksi. Itu pun tidak termasuk biaya kerja petani,” kata dia, Senin (13/4).

Dia mengemukakan harga Rp 11 ribu per kg adalah harga bawang putih basah atau bawang putih cabut di lahan. Sedangkan harga bawang putih kering sekitar Rp 17 ribu per kg untuk kualitas A. Untuk mencapai bawang putih kering dibutuhkan perlakukan dan biaya lebih yang diantaranya proses pengeringan.

BERITA REKOMENDASI