Petani Berharap Percepatan Pembangunan Bendungan Bener

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Asosiasi Tani Purworejo (Atap) meminta pemerintah melakukan percepatan pembangunan Bendungan Bener di Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Mereka berharap seluruh elemen pemerintah termasuk aparat penegak hukum untuk selalu fokus menyelesaikan berbagai faktor yang menghambat pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) itu.

Hal tersebut disuarakan petani perwakilan asosiasi di hadapan Kapolres Purworejo AKBP Fahrurozi ketika berunjukrasa di Mapolres Purworejo. “Kami perwakilan petani di wilayah utara, timur, selatan, dan barat Kabupaten Purworejo, berharap adanya percepatan pembangunan. Sebab kami sangat membutuhkan infrastruktur tersebut guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani Purworejo,” tegas koordinator Atap Kiswanto, kepada KRJOGJA.com, Kamis (30/9).

Menurutnya, aspirasi itu disampaikan karena petani melihat ada berbagai kendala yang dihadapi dalam penyelesaian megaproyek bernilai triliunan rupiiah itu. Padahal petani Kabupaten Purworejo selalu mengalami kendala ketersediaan air setiap kemarau yang menyebabkan panenan kurang maksimal.

Maka, lanjut Kiswanto, Bendungan Bener digadang-gadang menjadi solusi untuk persoalan tersebut. “Harusnya didukung, ternyata ada yang menghambat, bentuknya macam-macam, bahasanya mengatakan mendukung, tapi kenyataan di lapangan justru sebaliknya,” tuturnya.

Adanya hambatan itu membuat petani dari seluruh kecamatan di Purworejo berkumpul. Petani, lanjutnya, berdiskusi hingga mengeluarkan keputusan untuk melakukan aksi dukungan demi mendorong percepatan pembangunan Bendungan Bener. “Kami ke Mapolres Purworejo dengan harapan pihak kepolisiian menindak tegas kepada parapihak yang dengan berbagai dalih, justru menghambat kegiatan pembangunan bendungan,” ucapnya.

Setelah berorasi, anggota Atap membentangkan spanduk bertuliskan dukungan percepatan pembangunan, lalu mereka membubuhkan tanda tangan. Spanduk tersebut dibentangkan di pagar depan Mapolres Purworejo.

Sementara itu, Kapolres Purworejo AKBP Fahrurozi mengemukakan, dukungan dari para petani tersebut merupakan amanah yang besar. “Kami bersama berbagai pihak terkait pembangunan bendungan akan melakukan upaya terbaik untuk mengatasi permasalahan yang menghambat. Kami tidak akan berhenti berupaya agar pemeliharaan kemanan dan ketertiiban masyarakat selalu terjaga,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI