Petani Cabai di Temanggung Dilatih Pengolahan dan Pemasaran Cabai

Vita Erwina mengatakan pelatihan untuk peningkatan kapasitas petani terutama dalam pengolahan dan pemasaran hasil budidaya cabai yang sesuai dengan tuntutan zaman dan dikemas secara modern. Petani harus semakin tangguh dalam kehidupan kedepan.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang Dedih Zaenuddin mengatakan peserta pelatihan dari kecamatan penghasil cabai terbesar di Temanggung, diantaranya Kandangan, Bansari, Tlogomulyo dan Temanggung.

“Petani pada pelatihan ini mendapat peningkatan kapasitas berupa kemampuan keterampilan dan pengetahuan untuk hilirisasi komoditas cabai. Intinya untuk pengolahan agar komiditas yang dihasilkan punya nilai lebih,” kata dia.

Dikatakan selain di Temanggung, pelatihan juga digelar di beberapa daerah lain seperti Purworejo, Blora, Magelang dan Maluku utara. Petani juga mendapat pelatihan dalam teknik pemasaran.

“Langkah ini sebagai terobosan agar petani tidak merugi terutama ketika harga komoditas anjlok. Pengolahan komoditas karena harganya relatif lebih stabil,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI