Petani Desa Pondok Tasyakuran Panen Padi

Pemkab Sukoharjo terkait bidang pertanian sudah berusaha keras membantu petani demi meningkatkan hasil panen. Etik Suryani melanjutkan, penyediaan beras bagi rakyat Indonesia, tidak akan mampu hanya di didukung dengan luasan lahan yang tetap bahkan cenderung semakin menurun. Pembangunan pertanian ke depan tidak boleh pada penggunaan teknologi yang stagnan, namun harus menerapkan teknologi pertanian digital serta menggunakan bibit unggul.

Usaha juga dilakukan dengan pemanfaatan konsep dan teknologi unggul demi meningkatkan hasil panen. Petani dikembangkan menjadi lebih maju dengan harapan juga bisa meningkatkan kesejahteraan.

Petani di Desa Pondok, Kecamatan Nguter sendiri sudah menerapkan sistem pertanian lebih maju. Hal itu sesuai dengan program pemerintah dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian dengan menggunakan konsep IP 400. Penerapan tersebut banyak memberikan keuntungan bagi petani.

IP 400 merupakan pilihan yang menjanjikan guna meningkatkan produksi padi nasional tanpa memerlukan tambahan fasilitas irigasi dan pembukaan lahan baru. “Saya sangat mengapresiasi Gapoktan Pondok Makmur di Desa Pondok, Kecamatan Nguter yang akan mencoba menerapkan sistem baru IP 400 ini, mudah-mudah dapat berhasil dengan baik, sehingga produksi beras di Sukoharjo dapat meningkat yang akhirnya juga meningkatkan kesejahteraan petani,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI