Petani Desa Pondok Tasyakuran Panen Padi

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pondok Makmur, Desa Pondok, Kecamatan Nguter, Harmadi mengatakan, di Gapoktan Pondok Makmur, Desa Pondok, Kecamatan Nguter ada lahan pertanian ditanami padi petani seluas sekitar 154 hektar dan ada empat kelompok tani. Petani dalam satu tahun berusaha keras selalu menanam padi dalam empat musim tanam. Dua musim tanam saat musim hujan dan dua musim tanam berikutnya saat musim kemarau. Petani selalu berusaha keras dan kompak mulai dari tanam hingga panen. (Mam)

“Disaat banyak desa tidak panen karena curah hujan tinggi hingga banjir dan serangan hama justru di Desa Pondok, Kecamatan Nguter bisa panen walaupun tida baik. Petani tetap bersyukur dan makanya digelar tasyakuran panen padi ini,” ujarnya.

Harmadi mengatakan, tasyakuran panen padi selalu dilakukan petani di Desa Pondok, Kecamatan Nguter setiap tahun. Petani semakin bersyukur karena masih bisa panen dan ada program IP 400 dari pemerintah sebagai bagian meningkatkan hasil produksi beras.

“IP 400 ini membuat petani bisa empat kali tanam padi dalam satu tahun. Ini sangat disyukuri petani dimana petani lain hanya melakukan tiga kali tanam dalam satu tahun,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI