Petani Disiapkan 500 Unit Alat Bantu Produksi

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Lembaga Kajian Nawacita (LKN) sebagai lembaga non provit yang menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) bakal memberikan alat bantu produksi kepada para petani di Kabupaten Purworejo. Bantuan itu akan disalurkan melalui kelompok tani (Kelomtan) maupun gabungan kelomtan (Gapoktan), berupa alat mesin pertanian (alsintan).

“Kita punya program CSR 1.000 traktor petani. Tapi melihat kebutuhan petani di Purworejo, paling hanya membutuhkan sekitar 500 unit,” kata Koordinator Bidang Sosial LKN Dr H Reban Mirmorejo SE MSi di sela-sela penyerahan bantuan satu unit alsintan di Desa Winong Kidul Kecamatan Gebang Purworejo, Sabtu (22/8).

Bantuan berupa mesin traktor diberikan kepada Gapoktan Tani Mandiri desa setempat. Bantuan alsintan untuk petani di Purworejo ini menurut Reban, tidak harus berupa mesin traktor, namun disesuai kebutuhan petani. “Di daerah areal pertanian padi, mungkin kita butuhkan mesin traktor, tapi di daerah dataran tinggi mungkin bisa lain sesuai kebutuhan petani,” katanya seraya menyebut alsintan pemotong rumput atau yang lainnya.

BERITA REKOMENDASI