Petani Gunung Gelar Perayaan Regeg Maulid

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Petani tembakau di lereng Gunung Perahu di Desa Campurejo Kecamatan Tretep Kabupaten Temanggung menggelar perayaan Regeng Maulid sebagai wujud syukur pada Tuhan Allah atas karunia yang diberikan dan memperingati hari kelahiran Rosulullah Muhammad SAW.

Kades Campurejo Agus Setiawan mengatakan petani tembakau sangat bersyukur pada Allah atas segala karunia yang diberikan terutama hasil pertanaian tembakau yang menghasilkan dan menyejahterakan.

"Hasil tembakau tahun ini sangat baik. Petani bersyukur dengan menggelar Regeng Maulid," kata dia, Minggu (10/11/2019).

Dikatakan perayaan mulai dari Jumat lalu dan berakhir Rabu mendatang. Warga berpesta. Berbagai seni budaya yang ada di desa tersebut ditampilkan, seperti kuda lumping, hadroh, calung dan topeng ireng. 

"Sebagai penutup adalah pagelaran wayang kulit," katanya.

Minggu, digelar karnaval petani yang memamerkan kreasi seniman gunung, yang berbahan hasil pertanian. Gunungan dan tumpeng serta jajan pasar tidak lupa turut dalam karnaval tersebut.

"Seniman juga berkreasi dengan seni kontemporer. Kreasi petani ini diluar ekspektasi kami," katanya.

Dikatakan peserta mencapai ribuan warga yang mereka dari 30 rukun tetangga di 6 dusun. Sedang pada penampil terbaik dan kreator terbaik akan mendapat hadiah kejutan.

Perayaan, tandasnya menjadi ajang wisata tersendiri bagi warga, tidak hanya warga setempat tetapi dari warga di luar daerah tersebut. Mereka datang memadati lokasi yang dijadikan pementasan. 

"Perayaan mampu menggairahkan perekonomian lokal," katanya sembari mengatakan tahun depan akan digelar perayaan yang lebih terencana dan matang agar mampu menarik wisata lebih banyak. (Osy)  

BERITA REKOMENDASI