Petani Semakin Pintar, Sekolah Iklim Tingkatkan Produktifitas Hasil Panen

MAGELANG, KRJOGJA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, melaksanakan sekolah lapang iklim di Aula Kantor Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jumat (04/05/2018). Dalam kegiatan ini, diikuti perwakilan petani dari seluruh desa di kecamatan ini. Tujuan yang ingin dicapai, para petani dapat meningkatkan hasil panennya sehingga kesejahteraannya meningkat.

"Dengan mengikuti sekolah lapang iklim ini, petani bisa memahami informasi iklim, curah hujan dan cuaca, sehingga para petani dapat menekan kegagalan panen. Di sisi lain juga untuk melakukan antisipasi dampak fenomena iklim ekstrem. Dengan begitu, produktifitas hasil panennya meningkat," kata Kepala BMKG Pusat, Prof Dwi Chorita.

Disampaikan Kepala BMKG pusat, bahwa di era kemajuan teknologi ini, petani harus mampu memanfaatkannya. Salah satunya dari kemajuan teknologi digital melalui Handphone. "Dari situ (teknologi) kita bisa belajar dengan mencari aplikasi perkiraan dan perubahan cuaca dan iklim, sehingga bisa memperkirakan varietas/jenis tanaman yang akan ditaman. Harapan kami Indonesia akan berdaulat melalui ketahanan pangan," lanjutnya.

Berdasarkan pengalaman sejak 2011, kata dia, para petani yang ikut sekolah lapang iklim mempunyai pengetahuan informasi iklim, ada peningkatan antara 40 dan 70 persen. "Dengan mempunyai pengetahuan informasi iklim tersebut, dari sisi produksi pertanian rata-rata naik 20 hingga 30 persen dari rata-rata daerah," ungkapnya.

Asisten Adminiatrasi Setkab Magelang, drs Endra Endah Wacana mewakili Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto menyambut baik adanya sekolah lapang iklim yang digelar BMKG ini. Pasalnya, akan sangat menunjang sektor pertanian. "Para petani harus memiliki ilmu dalam bidang iklim supaya hasil panen baik dengan pola tanam sesuai dengan prakiraan musim. Saya harap peserta sekolah lapang serius mengikuti kegiatan ini karena penting dan ilmunya sangat bermanfaat," imbuhnya.

Pada pembukaan tadi, juga dihadiri Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi, Muspika Salaman dan seluruh kepala desa di Kecamatan Salaman. (Bag)

BERITA REKOMENDASI