Petani Tembakau Temanggung Berharap Cuaca Mendukung Disisa Masa Petik

Editor: Agus Sigit

Cuaca mendung dan hujan, terangnya, menghambat proses pembuatan tembakau menjadi rajangan kering. Setelah dirajang, tembakau harus kering dalam satu hari penjemuran dibawah terik matahari. Jika cuaca mendung, tembakau harus dua hari atau lebih pengeringan. Ini membuat daun menjamur atau kualitas turun.

Dia berharap hujan tidak menjadi alasan, pabrikan rokok untuk membeli rendah harga tembakau. Tembakau harus dicermati kualitasnya, sebab tembakau yang ditawarkan ke pabrikan belum tentu yang terpengaruh hujan. Sebelum hujan telah ada tembakau yang menjadi rajangan kering. ” Harapan pabrikan dapat berbaik hati dengan menaikkan harga tembakau rajangan, dan penyerapan juga dipercepat, sehingga petani tidak terus merugi,” kata dia.

Terpisah, Bupati Temanggung Al Khadziq berharap hujan tidak menjadikan alasan bagi pabrikan rokok untuk menurunkan harga tembakau rakyat sejauh kualitas memenuhi. ” Hujan memang mengguyur, tetapi tidak semua tembakau terpengaruh terutama yang sudah dipetik dan diproses sebelum hujan,” kata Al Khadziq. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI