Petani Tembakau Terapkan Semai Mandiri Tembakau

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Petani tembakau lereng Gunung Sindoro memilih semai benih secara mandiri guna mendapatkan kualitas yang diinginkan terutama tembakau asli Temanggung, dibanding membeli di pasar atau pusat penyemaian.

Seorang petani, Ponadi warga Desa Tlahab Kecamatan Kledung mengatakan semai mandiri sebagai jaminan mendapatkan benih sesuai keinginan sebab petani mengetahui rekam jejak benih, yang umumnya didapat dari tanaman tembakau yang sengaja akan dijadikan benih pada musim sebelumnya. ” Biji tembakau diambilkan dari pemurnian secara mandiri dari pohon tembakau terbaik,” kata Ponadi, Senin (1/3).

Membeli benih di pasar, kata dia, sebagai pertaruhan. Penjual memang menyampaikan benih dari pemurnian pohon terbaik, tetapi itu tidak menjadi jaminan. Banyak kasus ternyata kualitas pohon tidak baik meski telah mendapat perawatan ekstra. Atau terkadang varietas yang diinginkan tidak sesuai.

“Kalau benihnya beli kan belum tentu sesuai dengan keinginan, soalnya saat masih benih susah membedakan antara varietas yang satu dengan yang lainnya,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI