Petani Terdampak Corona Terima Bantuan Ikan dan Produk Olahan

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali luncurkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Program menyasar 112 kabupaten/kota yang tersebar 21 provinsi di Indonesia mulai Maret hingga Juli 2021.

Koordinator Pemasyaran Luar Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jaya Wijaya mengatakan Gemarikan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Harapannya, ikan dapat sebagai sumber protein untuk membangun bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

” Ikan mengandung vitamin dan mineral yang membantu pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas. Dengan mengonsumsi ikan harapan akan lahir generasi yang sehat, kuat dan cerdas,” kata Jaya Wijaya, pada Safari Gemarikan 2021, program untuk stunting, ibu hamil, menyusui, remaja produktif di Balai Desa Batursari Candiroto, Senin (5/4).

Jaya Wijaya mengatakan sasaran Gemarikan adalah 56 ribu orang yang terdiri kelompok target penanganan stunting yaitu ibu hamil atau menyusui, anak balita dan remaja putri usia produktif, dan masyarakat rawan gizi lainnya.

Berdasarkan data Susenas 2019, kata dia, angka konsumsi ikan Provinsi Jawa Tengah sebesar 35,99 kg/kapita setara ikan utuh segar. Adapun angka konsumsi ikan dalam rumah tangga (KIDRT) Kabupaten Temanggung sebesar 14,23 kg/kapita. Berdasarkan data tersebut, AKI Provinsi Jawa Tengah masih jauh dibawah AKI Nasional sebesar 54,50 kg/kapita setara ikan utuh segar.

” AKI di Temanggung harus ditingkatkan, dengan konsumsi ikan dan olahannya,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI