Petilasan Sunan Kalijogo Bangkitkan Wisata Religi

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Petilasan Sunan Kalijogo dan muridnya Sunan Geseng di Desa Kedonglo Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo dinilai layak untuk kegiatan wisata religi. Mengingat tempat ini banyak dikunjungi warga masyarakat, terutama dari luar desa atau bahkan luar daerah.

“Sejarah dan petilasan Sunan Kalijogo ini bisa menjadi peluang untuk dijadikan sebagai obyek wisata (Obwis) religi,” kata Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Selasa (06/10/2020).

Melalui kegiatan peringatan atau merti petilasan Sunan Kalijogo dan Sunan Geseng ini akan terus mengingatkan pada perjuangan Sunan Kalijogo dalam menyebarkan ajaran agama Islam di wilayah Kabupaten Purworejo, khususnya di Desa Kedonglo Kecamatan Kemiri. Demikian juga Sunan Geseng sebagai murid Sunan Kalijogo yang taat beribadah.

Yuli Hastuti juga berpesan agar catatan sejarah ini terus dijaga dan dilestarikan. “Apalagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo telah memprogramkan wisata desa. Tentunya Desa Kedunglo juga telah memiliki potensi wisata, dengan adanya petilasan ini, didukung dengan alam Desa Kedunglo yang masih sangat asri dan indah,” paparnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan desa ini akan menjadi ikon wisata desa yang dicari wisatawan. “Terlebih wisatawan sekarang lebih menyukai wisata alam, dan di Desa Kedunglo ini terdapat bukit dan sungai yang sangat indah untuk dinikmati. Ini peluang bagus yang dapat dikembangkan, Terutama promosinya agar terus digencarkan melalui berbagai media termasuk yang paling mudah diakses melalui media sosial,” tandasnya.

Sementara itu Kades Kedunglo Misrony menambahkan, bahwa, kegiatan Merti Petilasan Sunan Kalijogo Dan Sunan Geseng atau nyadran desa ini selalu dilaksanakan setiap tahun sekali. Ini sebagai tradisi dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. (Nar)

BERITA REKOMENDASI