Pilkada Kebumen Berpotesi Hanya Diikuti Calon Tunggal

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Pasangan H Arif Sugiyanto SH – Hj Ristawati Purwaningsih MM resmi mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Bupati (Pilbup) Kebumen 2020 di KPU Kebumen, Jumat (04/09/2020) sore sekitar pukul 16.48 WIB.

Dengan resminya pasangan ini terdaftar sebagai peserta Pilbup Kebumen 2020, kemungkinan besar Pilbup Kebumen 2020 hanya diikuti oleh calon tunggal atau satu pasangan calon saja. Kemungkinan itu menguat setelah sembilan atau semua partai politik (parpol) pemilik kursi di DPRD Kebumen mendukung pencalonan Arif – Rista di perhelatan Pilbup 2020 tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Adapun 9 parpol pendukung Arif – Rista adalah PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Koalisi 9 parpol pengusung pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati ini menamakan diri Koalisi Kebumen Bersatu (KKB) dan baru dibentuk pada Jumat pagi atau sebelum pasangan ini mendaftar ke KPU Kebumen.

Kesembilan ketua partai pengusung Arif – Rista terlihat mendampingi proses pendaftaran pasangan ini ke KPU Kebumen, sejak berangkat dari Sekretariat Bersama KKB di Jalan Sutoyo Kebumen hingga Kantor KPU Kebumen di Jalan Arumbinang Kebumen. Dengan menaiki mobil bak terbuka, pasangan Arif – Rista nampak menuju Kantor KPU Kebumen, diikuti iring-iringan mobil rombongan para pengurus 9 parpol pengusung serta simpatisan keduanya.

Di Kantor KPU Kebumen, pasangan Arif – Rista diterima jajaran pengurus KPU Kebumen yang dipimpin Ketuanya, Yulianto MKom. Kemudian keduanya menyerahkan berkas pendaftaran berupa dokumen B1KWK.

“Setelah penyerahan berkas pendaftaran, dilanjutkan verifikasi berkas oleh verifikator dan telah dinyatakan lengkap. Kemudian, tanggal 7 sampai 9 September 2020 dilakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh bagi pasangan bakal calon di rumah sakit yang ditunjuk resmi KPU untuk keperluan itu,” ujar Yulianto. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI