Pilkades Bakal Jadi Pilot Projek Pemilu

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap dua Kabupaten Purworejo bakal jadi pilot projek Pemilu lainya, yang juga akan digelar pada tahun 2019. Bahkan Pilkades di Purworejo tercatat paling banyak di Jawa Tengah, dilaksanakan di 343 desa di seluruh wilayah kecamatan yang ada.

“Pilkades ini menjadi pionir pesta demokrasi dari Pemilu lainnya, karena semua warga akan terlibat langsung. Pelaksanaan Pilkades selalu seru karena akan memilih petinggi desa. Bahkan provesi kades kini menjadi jabaan bergensi,” kata Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM, Rabu (14/11/2018).

Dalam pengarahan Kades/Pj Kades dan ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang desanya akan menggelar Pilkades pada akhir Januari 2019 di pendapa rumah dinas bupati setempat, Agus Bastian berharap agar pesta demokrasi tingkat desa ini dapat dilaksanakan dengan baik, meski mengandung banyak kerawanan. 

“Pilkades akan seru karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Lain dengan Pileg, Pilpres maupun Pemilu lainnya. Dimana dalam Pemilu itu hanya tim sukses yang sibuk dan tidak banyak yang bersentuhan langsung dengan rakyat,” paparnya.

Agus Bastian juga berharap akan adanya kehikmatan dalam pelaksanaan Pilkades. Jangan ada fitnah, dan tidak perlu bermain klenik (dukun) karena sudah bukan zamannya. “Siapa yang terbaik tentu akan dipilih dan dicintai rakyat,” tambahnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI