Pilkades Desa Ngablak, Usung Budaya Jawa

MAGELANG, KRJOGJA.com – Hari ini Minggu tanggal 14 Oktober 2018, di Kabupaten magelang tengah menggelar pesta demokrasi yakni pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 49 dari 368 desa diwilayah ini. Dari sekian itu, ada yang berbeda dalam pelaksanaan pilkades dibanding 48 desa lainnya. Salah satunya, yaitu Pilkades di Desa Ngablak Kecamatan Ngablak.

Selain calon kadesnya kakak beradik, yakni calon petahana nomer urut 1 Anny Anggraeni S.Psi 'melawan' sang adik, nomer urut 2 Ardina Prasetyasari. Yang lebih menarik adalah konsep tempat pemilihannya, dibuat suasananya penuh nuansa jawa. Panitia semua memakai pakaian adat jawa, balai desa di hias dengn janur-janur hijau, bilik suara juga di buat nyaman sekali untuk pemilih. Yang membuat suasana lebih 'jawani' lagi, ada alunan gamelan jawa yang dimainkan oleh sekelompok seniman sepuh yang memanjakan telinga bagi pemilih. 

Tak sampai disitu, pemilih yang selesai menggunakan hak pilihnya, saat keluar bilik langsung disuguhi aneka menu angkringan komplit dengan wedang jahe. Dari semua itu, membuat dan mengesankan pilkades menjadi sejuk, damai dan riang gembira, jauh dari suasana persaingan. 

"Kita apresiasi kepada panitia pilkades yang telah menyuguhkan konsep yang berbeda dgn nuansa jawa yang sejuk, damai dan riang gembira ini. Apalagi pilkades Ngablak ini, berbarengan dengan acara tradisi Saparan yang membuat suasana desa sangat meriah dan jauh dari hiruk pikuk pilihan yang biasanya terkesan panas," kata Mul Budi Santoso, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Pesan moral yang disampaikan ini, kata Mul Budi Santoso, agar pilihan-pilihan yang akan diselenggarakan di tahun politik ini lebih mengedepankan pesta demokrasi yang betul-betul di nikmati masyarakat pemilih tanpa isuu hoax dan sara, serta kontestasi yang betul-betul riang gembira. "Semoga ini menginspirasi penyelenggara lain, apalagi tahun ini adalah tahun politik yang puncaknya nanti bulan april 2019, akan menentukan wakil kita di DPRD kabupaten, propinsi, pusat, DPD dan tentunya orang nomor satu di republik ini," pungkasnya didampingi Ketua Panitia Pilkades Desa Ngablak, Slamet Widodo. (Bag)

BERITA REKOMENDASI