Pilkades Digelar di 37 Desa, 1.601 Pesonel Dikerahkan

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pilkades serentak digelar di 37 Desa di Kabupaten Temanggung dan diikuti sebanyak 107 kandidat, Kamis (30/06/2022).

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Temanggung Gema Artisti menyampaikan Pilkades digelar di 37 desa di 15 kecamatan dengan 107 peserta. “Hari ini digelar Pilkades ada 107 peserta,” kata Gema Artisti, Kamis (30/06/2022).

Dikatakan berdasar pantauan Pilkades berjalan dengan demokratis. Sesuai aturan permasalah yang muncul diselesaikan oleh panitia secara berjenjang yakni mulai dari TPS, Desa dan Kecamatan serta Kabupaten.

Bupati Al Khadziq dan Wakil Bupati Hari Ibnu Wibowo memantau pelaksanaan pilkades di sejumlah desa, terutama di desa-desa yang dinilai rawan adanya pelanggaran.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan Pilkades digelar Kamis, 30 Juni 2022 namun jauh hari sebelum penyelenggaraan personil telah diterjunkan.

“Personel yang diterjunkan terdiri 386 personel Polri, 105 personel TNI, dan 1.110 personel linmas,” kata AKBP Agus Puryadi.

AKBP Agus Puryadi mengatakan khusus personel Polri, terdiri atas 45 personel Brimob Polda Jateng, 20 personel Jatanras Polda Jateng, 31 personel Dalmas Polres Wonosobo, dan 290 personel Polres Temanggung.

Dikatakan tugas aparat keamanan adalah menjaga pesta demokrasi tingkat desa itu. Warga desa harus dipandang bukan sebagai musuh, mereka harus mendapat jaminan keamanan pesta demokrasi.

“Warga harus mendapat jaminan keamanan saat pesta demokrasi. Setelah apel ini personel langsung ditempatkan di wilayah tugas masing-masing,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI