Pilkades Serentak di Purworejo Kembali ke 3 Mei 2021

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo memutuskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 dilaksanakan pada 3 Mei 2021. Keputusan tersebut dibuat setelah Pemkab Purworejo, Komisi I DPRD Purworejo, dan Paguyuban Lurah Kepala Desa dan Perangkat Desa Purworejo (Polosoro) melakukan audiensi dengan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri.

Keputusan tertuang dalam SK Bupati Nomor 160.18/170/2021 tentang Penetapan Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Pilkades Serentak Kabupaten Purworejo yang ditandatangani Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, Senin (12/04/2021).

“Keputusan bupati no 160.18./569/2020 tentang penetapan jadwal pelaksanaan kegiatan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Purworejo tahun 2021 dan keputusan Bupati Purworejo nomor 160.18/160/2021 tentang perubahan atas keputusan Bupati Purworejo dengan nomor 160.18/ 569/2020 tentang penetapan jadwal pelaksanaan kegiatan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Purworejo 2021 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Purworejo Agus Ari Setiyadi, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Selasa (13/04/2021).

Berdasarkan keputusan itu, katanya, tahapan Pilkades serentak yang telah dilaksanakan desa-desa yang melaksanakan pemilihan, dinyatakan sah dan tetap berlaku.”Tahapan pelaksanaan Pilkades serentak tetap berjalan dan sah,” tegasnya.

Ketua Komisi I DPRD Purworejo Tursiyati menuturkan, pihaknya lega dengan terbitnya keputusan tersebut. Pelaksanaan Pilkades serentak kembali ke 3 Mei 2021, katanya, merupakan keputusan yang tepat.

Keputusan itu, katanya, sesuai dengan aspirasi yang disampaikan Polosoro dan Komisi I DPRD Purworejo dalam rapat dengar pendapat dengan Pemkab Purworejo di Gedung DPRD akhir Maret 2021. “Sesuai dengan usulan kami dan Poloroso, setelah keluarnya jadwal, semua pemangku kepentingan harus dapat melaksanakan Pilkades dengan baik, tertib, aman, dan lancar,” ungkapnya.

Anggota Komisi I DPRD Purworejo Luhur Pambudi menambahkan, SK terbaru itu sesuai dengan paparan pejabat Ditjen Bina Pemdes Kemendagri yang menyebutkan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak di Purworejo tidak perlu ditunda apabila ada desa yang gagal memenuhi syarat dilaksanakannya Pilkades. Pemilihan pada desa yang gagal itu, kata Luhur, akan dilaksanakan pada Pilkades serentak putaran berikutnya.

“Pihak Kemendagri juga menyebut tidak perlu ada surat rekomendasi, silakan SK langsung direvisi. Secara regulasi, tidak ada masalah jika pelaksanaan Pilkades Desa Benowo Kecamatan Bener dan Sumbersari Banyuurip, tidak dilaksanakan serentak bersama 41 desa lainnya,” terangnya.

Terpisah, Ketua Polosoro Suwarto mengemukakan, SK Bupati Nomor 160.18/170/2021 sesuai dengan harapan panitia dan para calon kades yang akan maju dalam Pilkades seretnat 2021. “Keputusan itu sesuai harapan kami semua, tentu semua elemen di desa yang melaksanakan Pilkades akan mendukung. Pastinya situasi desa saat ini semakin kondusif,” tandasnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI